JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pembelajaran IPS Geografi, khusus materi yang berkaitan dengan menginterprestasikan peta, siswa di kelas IX.A  SMPN  1 Rowokangkung  masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal di antaranya siswa kurang terlatih menginterprestasikan peta dan aktivitas belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut siswa dilatih menginterprestasikan peta dengan cara: (1) guru mempersiapkan media peta yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan meminta siswa mengamai simbol-simbol yang ada serta membayangkan medan yang sesungguhnya. (2) Menganalisa setiap simbol-simbol yang ada pada peta. (3) Melatih siswa membuat peta. (4) Melatih siswa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan peta.. Tujuan dari penelitian ini adalah: Ingin mengetahui peningkatan aktivitas belajar kemampuan menginterpretasikan peta melalui teknik melengkapi peta terstruktur pada siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung,. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, dari siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siklus I sebesar %, dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar % atau mengalami peningkatan sebesar %. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (66,7%), siklus II (80%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik melengkapi peta terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menginterpretasikan peta Siswa Kelas IX A  SMPN 1 Rowokangkung

Keyword

Aktivitas Siswa, Menginterpretasikan Peta, Peta Terstruktur
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak