Pembelajaran IPS Geografi, khusus materi yang
berkaitan dengan menginterprestasikan peta, siswa di kelas IX.A SMPN 1
Rowokangkung masih rendah. Hal ini
disebabkan oleh beberapa hal di antaranya siswa kurang terlatih
menginterprestasikan peta dan aktivitas belajar siswa masih rendah. Untuk
mengatasi masalah tersebut siswa dilatih menginterprestasikan peta dengan cara:
(1) guru mempersiapkan media peta yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
dan meminta siswa mengamai simbol-simbol yang ada serta membayangkan medan yang
sesungguhnya. (2) Menganalisa setiap simbol-simbol yang ada pada peta. (3)
Melatih siswa membuat peta. (4) Melatih siswa mengerjakan soal-soal yang
berkaitan dengan peta.. Tujuan dari penelitian ini adalah: Ingin mengetahui peningkatan aktivitas
belajar kemampuan menginterpretasikan peta melalui teknik melengkapi peta
terstruktur pada siswa kelas IX
A SMPN 1 Rowokangkung,. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3
kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
IX A SMPN 1 Rowokangkung Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan,
dari siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siklus I sebesar
%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar % atau mengalami peningkatan
sebesar %. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
sampai siklus II yaitu, siklus I (66,7%), siklus II (80%). Kesimpulan dari
penelitian ini adalah teknik melengkapi peta terstruktur dapat meningkatkan aktivitas
dan kemampuan menginterpretasikan peta Siswa Kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung